acac

acac
ma nta p

Rabu, 16 Oktober 2013

5 tips "memilih" teman

Teman seperti  udara. Teman seperti ini adalah teman yang memberi manfaat besar terhadap diri kamu. Dalam hal ini memberikan kamu angin kesegaran dalam menjalankan kehidupan beragama. Selain itu,  teman seperti ini memberi kamu keuntungan untuk urusan dunia. Seperti layaknya udara, ia selalu dibutuhkan kehadirannya. Karena itu carilah teman seperti ini, ia layak kamu untuk dekati. Sebab kehadirannya akan memberi warna dan menerangi hidup kamu di dunia ini sampai akhir kelak.
2.       Teman seperti makanan. Tipe  seperti ini tidak jau berbeda dangan tipe pertama, yaitu teman seperti udara. Keduanya sama-sama memberikan manfaat dan keuntungan untuk dunia dan membawa manfaat untuk urusan agama. Namun, kadang ia suka membuat kamu terganggu karena sifat atau wataknya yang keras dan membuat kamu jengkel. Seperti makanan, kadang terasa enak dan kadang kurang enak. Karena itu, berteman dengan tipe teman seperti ini jangan berlebih-lebihan , juga jangan kurang, alias kamu harus seimbang. Ibarat makanan, kalau kamu mengkonsumsi makanan berlebihan maka kamu akan jatuh sakit karena terlalu kenyang. Sebaliknya, jika kurang amakan maka kamu pun akan sakit alias busung lapar. Nah kamu harus seimbang dalam berteman dengan tipe seperti ini.
3.       Teman seperti obat. Tipe teman ini adalah teman yang secara terpaksa kamu bergaul dengannya. Karena teman dengan tipe ini kamu anggap punya manfaat bagi diri kamu, untuk itulah kamu merasa perlu berteman dengannya. Seperti obat, ada rasa pahit yang tidak kamu sukai dan dalam hal ini mungkin watak atau perangainya, namun karena kebutuhan maka kamu memilih untuk berteman dengan tipe seperti ini, jangan berlebih-lebihan sehingga kamu bisa over dosis. Bukan kesembuhan yang di dapat malah nanti bencana yang kamu derita. Artinya, bertemanlah dengan tipe seperti ini sekadar untuk menghilangkan penyakit di dalam dirimu.
4.       Teman seperti arak.  Nah, untuk teman tipe yang satu ini adalah teman yang hanya memberikan kesenangan sesaat. Kebahagian bergaul bersamanya justru sebenarnya membawa kehancuran bagi diri kamu sendiri, seperti arak, ia membuat kita mabuk dan lupa segalanya. Meskipun dalam kondisi darurat, tipe teman seperti ini diperlukan untuk hal-hal tertentu. Tapi ini sangat jarang terjadi.
5.       Teman seperti bencana. Inilah tipe teman terburuk yang perlu kamu hindari. Teman seperti ini tidak ada manfaatnya sama sekali. Kehadirannya hanyalah membawa malapetaka dan bencana bagi sekitarnya. Kamu harus menjauhinya, dan jangan coba-coba berani mendekatinya.
 
 
 http://saharpratama.blogspot.com/2011/11/tips-memilih-teman-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar