acac

acac
ma nta p

Rabu, 27 November 2013

cara merawat motor dengan baik




·  Periksakan Busi Sepeda Motor,Setiap 12 KM, perikasalah busi motor apakah ia masih layak pakai atau tidak. Sebaiknya ini dilakukan oelh orang-orang atau kawan anda yang dianggap ahli. Tapi kalau mau coba cek, tidak ada masalah.
·  Cek Filter Karburator,Filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Kebanyakan motor sekarang menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor.
·  Periksa Setelan Rantai dan Gir,Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Periksa juga kondisi gir, apakah ia masih tajam atau tumpul.
·  Membersihkan Karburator,Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
·  Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.
·  Cek Kondisi Aki,Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan  perawatan khusus (non maintenance). Wajib ganti; biasanya tiap 3 tahun keatas. Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi.
·  Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Tidak disarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.
·  Panaskan Mesin Motor,Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning. Cukup 3-5 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar