acac

acac
ma nta p

Rabu, 27 November 2013

ciri-ciri sahabat yang baik



1.      Tidak kompetitif Persahabatan merupakan ikatan emosional, bukan kontes popularitas. Jika melihat keberhasilan teman, maka kamu harus merayakannya bersama. Sebagai sahabat yang baik, jangan pernah merasa tersaingi oleh sahabat sendiri karena malah akan menimbulkan perpecahan di antara kalian. Dengan begitu, kamu dan para sahabat akan bisa termotivasi dan menjadi lebih sukses untuk ke depannya.

2.      Saling menyenangkan satu sama lain Sahabat sejati itu tentunya selalu mau berbagi di saat senang maupun sedih. Misalnya, saat si sahabat diterima cintanya oleh seseorang, kamu harus ikut senang. Menjalin persahabatan yang baik adalah mau saling berkontribusi satu sama lain untuk mencapai hasil yang positif.

3.      Jujur Sahabat sejati bukan berarti akan terus-menerus memuji kamu. Sahabat sejati juga memiliki kesempatan untuk mengkritik dalam berbagai hal. Kamu dan para sahabat harus saling memberikan nasihat dan komentar, baik itu komentar positif maupun negatif. Misalnya, mengenai pacar, pakaian, dan lain sebagainya.

4.      Menjadi pendengar yang baik Sahabat yang baik adalah orang yang mau mendengarkan keluhan sahabatnya. Selain itu, kamu juga harus bisa diandalkan meskipun hanya menjadi pendengar yang setia. Kamu harus menjadi pendengar setia untuk sesuatu yang menarik ataupun tidak. Jika mau menjadi pendengar yang baik untuk para sahabatnya, maka persahabatan yang terjalin akan bisa bertahan lama.

5.      Siap membantu Persahabatan tidak selalu berbagi hal yang menyenangkan saja. Untuk itu, sebagai sahabat yang baik kamu harus bisa menyediakan bahu untuk bersandar ketika mereka sedang merasa sedih. Selain itu, di saat sahabat sedang mengalami kesulitan, kamu juga harus bersedia memberikan bantuan untuknya.

Siap beradaptasi Sahabat yang baik harus siap beradaptasi untuk masuk ke gaya hidup satu sama lain. Meskipun keduanya menjalani kehidupan yang berbeda, namun salah satunya harus bisa beradaptasi. Tujuannya adalah agar persahabatan itu terjalin dengan baik hingga tua nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar